iNTERVAL Seri #4 : Kontribusi Sains Data dalam Pencegahan dan Penyebaran COVID-19 di Tempat Kerja

Pada tanggal 10 Juli 2021, Program Studi Sains Data Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jawa Timur mengadakan Kuliah Tamu dengan tema “Kontribusi Sains Data dalam Pencegahan dan Penyebaran COVID-19 di Tempat Kerja”. Acara yang digagas oleh dosen-dosen Prodi Sains Data ini dilaksanakan secara daring melalui media Zoom Meeting. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan wawasan kepada adik-adik mahasiswa, rekan kerja serta masyarakat umum tentang bagaimana virus covid-19 ini bisa menyebar dan bagaimana cara mencegah penyebaran virus ini dalam dunia kedokteran dan sains data. Pembahasan tersebut akan dipaparkan langsung oleh 2 pembicara yang ahli dibidangnya yaitu Ibu dr. Pita Melati Sulkani dan Bapak Mohammad Idhom, SP., S.Kom., M.Kom.

Pada pembahasan pertama yaitu dengan dr. Pita Melati Sulkani menyampaikan beberapa hal mulai dari laporan jumlah kasus covid saat ini yang sudah berkembang, cara penularan virus covid-19, langkah pencegahan dan hal apa yang dilakukan jika sudah terinveksi oleh virus ini. dr. Pita menjelaskan secara rinci untuk mencegah penyebaran virus ini kita harus taat selalu menjaga Protokol Kesehatan (Prokes) mulai dari menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker. Untuk kasus yang sekarang pola pikir dan perilaku kita terhadap pemakaian masker juga harus berubah yang awalnya hanya memakai 1 masker medis saya sekarang harus diganti dengan mengkombinasikan dengan masker kain. “Kenapa kita harus mengkombinasikan kedua masker tersebut?” ucap dr. Pita hal itu dikarenakan hasil penelitian membuktika bahwa kombinasi 2 masker tersebut dapat menghalangi sekitar 66-81% virus yang masuk melalui saluran pernafasan sedangkan jika menggunakan 1 masker medis saja atau masker kain saja hal itu hanya menghalangi sekitar 50% saja, untuk itu mulai sekarang kita harus memperhatikan mulai dari hal kecil yaitu pemakaian masker.

Pada pembahasan kedua dengan Bapak Mohammad Idhom, SP., S.Kom., M.Kom lebih menjelaskan dari pandangan bidang Sains Data sendiri dalam pengenalan virus. Sekarang banyak penelitian-penelitian yang dikembangkan untuk membantu ilmu kedokteran dalam pengenalan penyakit. Jika dalam dunia kedokteran tanda terpapar virus ini adalah suhu tubuh yang tingga maka dengan penelitian bidang sains data suhu tubuh manusia bisa dideteksi dengan menggunakan alat bantu kamera. Kamera saat ini bisa mendeteksi suhu tubuh seseorang, kamera tersebut digunakan sebagai sensor yang nantikan akan memberi label pada seseorang dan nantinya bisa dikelompokkan sesuai kondisi yang memehuni syarat terjangkit virus. Itu adalah salah satu contoh kasus yang bisa digunakan untuk kedepannya dapat membantu dunia kesehatan agar kita bisa saling berkontribusi dan mempercepat pemutusan rantai penyebaran virus.

Kedua pemateri menyampaikan materi yang luar biasa dengan kondisi saat ini. Materi tersebut sangat berguna bagi kita semua untuk menjadi pengingat dan selalu mawas diri terhadap virus covid-19. Semoga materi yang disampaikan pada acara kuliah tamu kali ini bisa bermanfaat untuk banyak orang dan kita semua bisa terhindar dari virus covid-19.

Dokumentasi kegiatan iNTERVAL Seri #4 dapat disaksikan dan diakses di channel youtube prodi sains data:

Salam Admin
Prodi Sains Data
Fakultas Ilmu Komputer
UPN “Veteran” Jawa Timur

EnglishIndonesian
izmir escort bayan