Pembelajaran IoT dengan Modul ESP32 di SMKN 1 Dlanggu Mojokerto

Pada tanggal 09 Juli 2021 Hibah Program Pengabdian Masyarakat Pemanfaatan IPTEK Bagi Masyarakat (PIKAT) melakukan kegiatan pengabdian di SMKN 1 Dlanggu Mojokerto kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui media Zoom Meeting. Kegiatan yang seharusnya diadakan secara luring terpaksa harus dialikan ke daring dikarenakan adanya aturan pemerintah mengenai PPKM di wilayah Jawa-Bali. Kegiatan yang didanai oleh LPPM UPN “Veteran” Jawa Timur ini digagas oleh Dosen
sekaligus Koorprodi Sains Data yaitu Bapak Dr. I Gede Susrama Mas Diyasa, ST., MT., IPU selaku Ketua Pelaksana dengan judul “Pembelajaran IoT (Internet of Things) dengan Modul ESP32”.Dalam pelaksanaan kegiatan ini Pak Gede dibantu oleh 2 anggota yang berasal dari dosen dan 2 lainnya dari mahasiswa. Para dosen yang membantu ada Bapak Trimono, S.Si., M.Si. (Dosen Sains Data) dan Bapak Slamet Winardi, ST., MT. (Dosen Sistem Komputer-Universitas Narotama Surabaya) sedangkan mahasiswa yang membantu kelancaran kegiatan pengabdian ini adalah Azriel Akbar Sofyan (Informatika-UPN) dan Ahmad Ardhy Ansyah (Sains Data-UPN)

Kegiatan pengabdian dengan tema IoT ini digagas oleh Pak Gede dengan tujuan untuk mengenalkan apa itu IoT terhadap siswa-siswa dan juga guru di SMKN 1 Dlanggu. IoT sendiri termasuk bidang ilmu baru yang banyak dikembangkan di dunia industri untuk memudahkan pekerjaan dan siswa-siswa SMK yang disiapkan untuk bekerja ini dikenalkan ilmu ini guna untuk membantu dalam pekerjaan nantinya jika menerapkan IoT dipekerjaan mereka. Tidak menutup kemungkinan untuk siswa SMK yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, ilmu IoT juga banyak dikembangkan di dunia pendidikan untuk berbagai penelitian. Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini ilmu yang disampaikan bisa bermanfaat bagi semuanya meskipun baru hal-hal dasar saja yang paparkan mengenai IoT. Antusiasme peserta dalam kegiatan pengabdian ini sangat luar biasa meskipun diselenggarakan secara daring dan pasti disetiap kegiatan yang diselenggarakan tidak mungkin hanya berjalan dengan lancar saja pasti ada kekurangan baik karena keterbatasan media yang digunakan atau kendala teknis yang lain. Melihat dari antusiasme untuk mempelajari bidang ilmu ini tidak menutup kemungkinan kita dapat bertemu langsung untuk mengadakan kegiatan pembelajaran IoT secara luring jika kondisi sudah memungkinkan. Kami berdoa bersama-sama agar bisa dipertemukan dilain kesempatan.

Dokumentasi kegiatan “Pengabdian Masyarakat PIKAT” bisa diakses dan disaksikan di channel youtube iGS Indonesia-TV

Salam Admin
Prodi Sains Data
Fakultas Ilmu Komputer
UPN “Veteran” Jawa Timur

EnglishIndonesian
izmir escort bayan